Pengikut

Jumat, 26 April 2013

Apa Itu Ikan Barakuda?

       Awal mendengar namanya mungkin sebagian orang bingung dengan bentuknya atau bahkan mungkin ada yang berpikir Ikan Barakuda ini menyerupai Kuda. Sama seperti saya saat pertama kali mendengar nama Ikan ini, saya pikir Ikan ini bentuknya menyerupai Kuda. Tentu saja itu salah, Ikan Barakuda bukanlah jenis Ikan yang bentuknya menyerupai Kuda, hanya memiliki kesamaan nama saja yakni "Kuda". Ternyata Ikan Baracuda ini dikenal denga wujudnya yang menyeramkan dengan tubuh berukuran besar. Penasaran seperti apa bentuk Ikan Barakuda ini,  maka saya pun sering mencari informasi mengenai Ikan Barakuda ini. Setelah tau bagaimana bentuk Ikan Barakuda ini, saya cukup kaget. Bukan kaget karena bentuk sama seperti Kuda tapi  kaget karena melihat giginya yang begitu tajam



        Gigi yang terlihat tajam dan bertaring membuat Ikan ini cukup ditakuti, dan saya juga takut melihat Ikan ini walaupun hanya lewat gambar. Giginya efektif sekali untuk melumpuhkan hewan-hewan yang akan dimangsanya. Menurut info yang saya baca, bagi penyelam, Barakuda cukup berbahaya karena sering menyerang. Sebelum menyrang, Barakuda akan berdiri diam dari jarak yang jauh dan tiba-tiba menyerang. Para penyelam disarankan untuk tidak memakai barang-barang yang berkilat (misalnya : anting) untuk menghindari ketertarikan Barakuda. Dan sebenarnya yang juga perlu kita ketahui, tulisan yang benar dari Barakuda ini adala Barracuda. Dan di Indonesia sendiri. mungkin karena apa yang kita lafalkan sesuai dengan tulisan/bacaan maka jadilah ikan yang biasa kita sebut Ikan Barakuda dan dalam tulisan juga kita tulis Ikan Barakuda. (ribet ya?? hehe semoga pembaca mengerti dengan maksud saya)


Giginya yang tajam, mempermudahnya saat menyantap mangsanya.


Seperti inilah bentuk Ikan Barakuda, jadi salah jika kita berfikir bentuk Ikan Barakuda itu menyerupai Kuda.


         Dibalik bentuknya yang menyeramkan terkhusus giginya yang tajam.Ternyata Ikan Barakuda ini juga dapat diolah menjadi makanan yang enak dan bernilai jual tinggi. Saya pernah menonton sebuah acara di  Trans7 yakni Fish N Chef dimana di program tersebut sang Chef merubah Ikan Barakuda yang menyeramkan ini menjadi sebuah hidangan yang lezat dan menggugah selera. Bagi siapa saja yang melihatnya  munkin sejenak akan meluakan bahwa sajian yang mengundang selera itu merupakan Ikan yang menyeramkan dan tentunya Ikan Barakuda ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.


Gambar diatas merupakan olahan dari Ikan Barakuda. Mengundang selera bukan??



Tidak ada komentar:

Posting Komentar